Dalam
bahasa jepang untuk menyatakan keberadaaan sesuatu benda biasanya digunakan
terdapat kata kerja aru dan iru yang kedua-duanya berarti “ada”. Kata kerja aru
termasuk kata kera kelompok I, sedangkan iru termasuk kata kerja kelompok II.
Kedua kata kerja ini untuk menyatakan adanya sesuatu benda pada suatu tempat.
Aru digunakan untuk menyatakan adanya benda mati benda tidak bernyawa,
sedangkan iru digunakan untuk benda hidup atau bernyawa. Perubahan bentuk dari
kedua kata kerja tersebut antara lain sebagai berikut.
ある あります ありません ありました ありませんでした
Aru arimasu arimasen arimashita arimasen deshita
いる います いません いました いませんでした
Iru imasu imasen imashita imasen deshita
Pola
kalimat dari kedua kata kerja tersebut antara lain sebagai berikut :
1.
...に...があります/います
...ni...ga
arimasu/imasu = di...ada...
Untuk
menyatakan adanya suatu benda baik benda mati maupun benda bernyawa di suatu
tempat, pada kata yang menunjukan tempat harus diikuti oleh kata bantu ni yang
artinya “di”, kemudian diikuti dengan “kata benda + ga arimasu/imasu”.
Contoh
:
教室に机があります
Kyoushitsu
ni tsukue ga arimasu
(Di
kelas ada meja)
ジャカルタに空港があります
Jakarta
ni kuukou ga arimasu
(Di
Jakarta ada bandara)
庭に子供がいます
Niwa
ni kodomo ga imasu
(Di
halaman ada anak-anak)
2.
にとがありますいます
...ni...to...ga
arimasu/imasu = di...ada...dan...
Jika
adanya benda yang dimaksud lebih dari satu jenis dapat digunakan kata bantu to
yang artinya “dan”. Misalnya untuk A dan B dinyatakan dengan A to B dan diikuti
oleh ga arimasu/imasu. Jadi kalau ada tiga jenis benda maka kata bantu to
diperlukannya dua buah, dan seterusnya.
Contoh
:
教室に机と椅子があります
Kyoushitsu
ni tsukue to isu ga arimasu
(Di
kelas ada meja dan kursi)
庭に犬と猫がいます
Niwa
ni inu to neko ga imasu
(Di
halaman ada anjing dan kucing)
3.
...に...や...や...などがあります/います
...ni...ya...ya...nado
ga arimasu/imasu = di...ada...,...,...dan lain-lain
Kemudian
jika benda yang ada tersebut bermacam-macam dan kita hanya menyebutkan sebagian
sebagai sampelnya saja, maka digunakan kata bantu ya sebagai penghubungnya lalu
diikuti nado ga arimasu/imasu. Jadi “... ya ... ya ... nado ga arimasu/imasu”
bisa diterjemahkan menjadi “ada ..., ..., ... dan lain-lain”. Kata bantu to
pada pola kalimat (2) diatas tidak bisa disertai kata nado.
Contoh
:
部屋に机や椅子やベッドなどがあります
Heya
ni tsukue ya isu ya beddo nado ga arimasu
(Di
kamar ada meja, kursi, kasur dan lain-lain)
動物園にとらや象やきりんなどがいます
Doubutsuen
ni tora yaa zou ya kirin nado ga imasu
(Di
kebun binatang ada harimau, gajah, jerapah dan lain-lain)
4.
A : ...に...があります/いますか
...ni...ga arimasu/imasu ka = apakah
di...ada...?
B :はい、...に...があります/います
Hai,...ni...ga arimasu/imasu = di...ada...
C :いいえ、...には...がありません/いません
Iie,...ni wa...ga arimasen/imasen = tidak,
di...tidak ada...
Ini
merupakan kalimat tanya yang digunakan untuk memastikan apakah ditempat yang ditunjuk
ada benda yang dimaksud atau tidak. Sehingga jawabannya juga ada dua alternatif
yaitu antara ya dan tidak. Jika jawabannya ya maka yang digunakan pola
“hai,...ni...ga arimasu/imasu”, sedangkan jika jawabannya tidak maka yang
digunakan pola kalimat “iie,...ni wa...ga arimasen/imasen”. Untuk jawaban
menyangkal ada penambahan kata bantu wa setelah tempat, yaitu yang asalnya
“(tempat) + ni” menjadi “(tempat) + ni + wa”. Maksudnya pembicara menegaskan
bahwa di tempat tersebut tidak ada benda yang dimaksud, dan didalamnya tersirat
makna mungkin ditempat lain ada.
Contoh
:
A :あの部屋にテレビがありますか?
Ano heya ni terebi ga arimasu ka
(apakah di kamar itu ada tv ?)
B :はい、あの部屋にテレビがあります
Hai, ano heya ni terebi ga arimasu
(ya, di kamar itu ada tv)
C :いいえ、あの部屋にはテレビがありません
Iie, ano heya ni wa terebi ga arimasen
(tidak, di kamar itu tidak ada tv)
A :教室に田中さんがいますか?
Kyoushitsu ni Tanaka san ga imasu ka
(apakah di kelas ada Pak Tanaka ?)
B :はい、教室に田中さんがいます
Hai, kyoushitsu ni Tanaka san ga imasu
(ya, di kelas ada Pak Tanaka)
C :いいえ、教室には田中さんがいませn
Iie,kyoushitsu ni wa Tanaka san ga imasen
(tidak, di kelas tidak ada Pak Tanaka)
5.
A : ...に何がありますか
... ni nani ga arimasu ka = di ... ada apa ?
B : ...に何がいますか
... ni nani ga imasu ka = di ... ada apa ?
C : ...に誰/どなたがいますか
... ni dare/donata ga imasu ka = di ... ada
siapa ?
Ini merupakan pola kalimat tanya yang digunakan untuk
menanyakan “ada apa?” baik benda mati maupun benda hidup. Kata tanya nani yang
artinya apa, digunakan untuk menanyakan benda mati atau binatang. Sedangkan untuk
menanyakan adanya seseorang digunakan kata dare atau donata yang artinya siapa.
Kata donata lebih halus/sopan dibandingkan dengan kata dare.
Contoh :
A : 台所に何がありますか?
Daidokoro ni nani ga arimasu ka ?
(di dapur ada apa ?)
B : 台所にれいぞおこがあります
Daidokoro ni reizooko ga arimasu
(di dapur ada kulkas)
A : 台所に何がいますか?
Daidokoro
ni nani ga imasu ka ?
(di dapur
ada apa ?)
B : 台所にごきぶりがいます
Daidokoro
ni gokiburi ga imasu
(di
dapur ada kecoa)
A : 台所に誰がいますか?
Daidokoro
ni dare ga imasu ka ?
(di dapur
ada siapa ?)
B : 台所に母がいます
Daidokoro ni haha ga imasu
(di
dapur ada ibu)
6.
A : ...に何かありますか?
... ni nani ka arimasu ka = di adakah sesuatu
?
はい、あります
Hai, arimasu = ya, ada
いいえ、何もありません
Iie, nani mo arimasen = tidak, tidak ada
apapun
B : ...に何かいますか?
... ni nani ka imasu ka = di adakah sesuatu ?
はい、います
Hai, imasu = ya, ada
いいえ、何もいません
Iie, nani mo arimasen = tidak, tidak ada
apapun
C : ...に誰かいますか?
... ni dare ka imasu ka = di adakah sesuatu ?
はい、います
Hai, imasu = ya, ada
いいえ、誰もありません
Iie, dare mo arimasen = tidak, tidak ada
apapun
Kata tanya nani atau dare jika diikuti kata bantu ka atau
kata bantu ga kemudian diikuti dengan arimasu/imasu ka artinya akan berbeda. Jika
kata tanya tersebut diikuti oleh kata bantu ga dan arimasu/imasu ka untuk
menanyakan ada apa/siapa, tentunya jawabannya langsung dengan menyebutkan nama
benda atau nama orang yang ada. Tetapi jika kata tanya tersebut diikuti oleh
kata bantu ka lalu diikuti dengan arimasu/imasu ka, ini digunakan hanya untuk
menanyakan ada tidaknya sesuatu benda di tempat tersebut. Jadi jawabannya cukup
dengan ya atau tidak saja. Sehingga jawabannya cukup dengan hai,arimasu/imasu
atau iie,nani mo arimasen/imasen atau iie,dare mo imasen.
Contoh :
A : あの部屋に何かありますか?
Ano heya ni nani ka arimasu ka ?
(di kamar itu adakah sesuatu benda ?)
B : はい、あります
Hai, arimasu
(ya, ada)
C : いいえ、何もありません
iie, nani mo arimasen
(tidak, tidak ada apapun)
A : 庭に何かいますか?
niwa ni nani ka imasu ka ?
(di halaman adakah sesuatu binatang ?)
B : はい、います
Hai, imasu
(ya, ada)
C : いいえ、何もいません
iie, nani mo imasen
(tidak, tidak ada binatang apapun)
A : この教室に誰かいますか?
Kono kyoushitsu ni dare ka imasu ka ?
(di kelas itu adakah seseorang ?)
B : はい、います
Hai, imasu
(ya, ada)
A : 誰がいますか?
Dare ga imasu ka ?
(ada siapa ?)
B : アリさんがいます
Ari san ga imasu
(ada pak ali)
A : あの教室に誰かいますか?
Ano kyoushitsu ni dare ka imasu ka ?
(di kelas itu adakah seseorang ?)
B : いいえ、誰もいません
Iie, dare mo imasen
(Tidak, tidak ada siapa pun)
7.
...に...が...あります/います
... ni ... ga ...(bil)... arimasu/imasu = di ... ada
...(sebanyak)...
Jika kita ingin menyatakan benda yang ada tersebut dengan
jumlahnya, maka bisa digunakan pola kalimat diatas. Jumlah benda yang ada
biasanya diletakan setelah kata bantu ga sebelum kata arimasu/imasu. Kata bantu
bilangan dalam bahasa jepang bermacam-macam.
Contoh :
ここに本が二冊あります
Koko ni hon ga ni-satsu arimasu
(disini ada buku sebanyak 2 jilid)
あそこに子供が三人います
Asoko ni kodomo ga san-nin imasu
(di sana ada anak-anak 3 orang)
8.
...は...にあります/います
... wa ... ni arimasu/imasu = ... ada di ...
Pada pola kalimat ini kata bendanya yang diletakan di awal
kalimat. Disini ada perubahan kata bantu yaitu ga yang semula diletakkan
setelah kata benda diganti dengan kata bantu wa. Dan fungsi kata bantu wa dalam
pola kalimat ini untuk menyatakan subjek/pokok kalimat.
Contoh :
ジャカルタにタマンミニがあります
Jakaruta ni taman mini ga arimasu
(di jakarta ada taman mini)
タマンミニはジャルタにあります
Taman mini wa jakaruta ni arimasu
(taman mini ada di jakarta)
あの部屋にアニさんとニダさんがいます
Ano heya ni ani san to nida san ga imasu
(di ruangan itu ada Ani dan Nida)
アニさんとニダさんはあの部屋にいます
Ani san to Nida san wa ano heya ni imasu
(Ani dan Nida ada di ruangan itu)
教室の中に椅子や机や黒板などがあります
Kyoushitsu no naka ni isu ya tsukue ya kokuban nado ga
arimasu
(di dalam kelas ada kursi, meja, papan tulis, dan lain-lain)
椅子や机や黒板などは教室の中にあります
Isu ya tsukue ya kokuban nado wa kyoushitsu no naka ni
arimasu
(kursi, meja, papan tulis, dan lain-lain ada di dalam kelas)
A : ニダさんはどこにいますか?
Nida san wa doko ni imasu ka ?
(Nida ada dimana ?)
B : ニダさんは教室にいます
Nida san wa kyoushitsu ni imasu
(Nida ada di dalam kelas)
A :アリさんどこかにいますか?
Ali san wa doko ka ni imasu ka ?
(apakah pak Ali ada di suatu tempat ?)
B : いいえ、アリさんはどこにもいません
Iie, Ali san wa doko ni mo imasen
(Tidak, pak Ali tidak ada dimanapun)
9.
...はどこかにあります/いますか?
... wa doko ka ni arimasu/imasu ka = apakah ... ada di suatu
tempat ?
はい、ありますいます
Hai, arimasu/imasu = iya, ada
いいえ、どこにもありませんいません
Iie, doko ni mo arimasen/imasen = tidak, dimana pun tidak ada
Pada pola kalimat ini menekankan tempatnya bukan pada ada
tidaknya benda tersebut. Maksudnya jika seseorang sedang mencari sesuatu benda,
tetapi ia tidak tahu dimana letak atau tempat benda tersebut.
Contoh :
A : アリさんはどこかにいますか?
Ali san wa doko ka ni imasu ka ?
(pak Ali adakah di suatu tempat ?)
B : はい、います
Hai, imasu
(ya, ada)
C : いいえ、どこにもいません
Iie, doko ni mo imasen
(tidak, dimanapun tidak ada)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar